Selasa, 18 Mei 2010

Menjelajah Mars dengan Be a Martian





 Beberapa tahun lalu mengamati planet mars secara detail merupakan hal yang sama sekali tidak terjangkau oleh masyarakat umum. Namun, seiring maju dan dan berkembangnya teknologi informasi, kini Planet Mars bisa dijelajahi dan dijangkau oleh siapapun dari kalangan manapun.
Hal itu bisa terjadi karena hasil kreasi yang dilakukan oleh lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA), yang bekerja sama dengan raksasa peranti lunak, Microsoft. Kerja sama kedua institusi besar tersebut menghasilkan sebuah website interaktif yang memungkinkan para pengguna internet untuk melihat-lihat Planet Mars secara online.


Website yang diberi nama Be a Martian itu diharapkan dapat membantu para ilmuwan yang berminat terhadap Planet Mars dalam menyelesaikan berbagai riset mereka guna menambah referensi ilmiah tentang planet merah tersebut. Meskipun demikian Be a Martian diciptakan tidak hanya untuk kalangan ilmuwan saja, sebab bisa diakses oleh siapapun, termasuk anda.
Para pengunjung Be a Martian bisa bebas mencari informasi apapunyang berhubungan dengan Planet Mars, sebab memang data hasil misi NASA yang dimuat di website itu bisa diakses oleh kalangan umum. Sebagai contoh, para pengunjung bisa menghitung jumlah kawah yang ada di Mars. Padahal beberapa tahun yang lalu hal semacam itu merupakan hal yang sangat sulit, bahkan oleh lembaga sebesar  NASA sekalipun, sebab memerlukan biaya dan daya upaya yang sangat besar.
Salah satu fasilitas menarik yang dihadirkan oleh Be a Martian adalah virtual town hall, yaitu fitur yang menjadi tempat bertanyapara pengunjung tentang hak apapun yang berhubungan dengan planet Mars. Pertanyaan-pertanyaan itu akan dijawab oleh para ahli Mars yang turut bergabung bersama tim pengelola website itu.
Berdasarkan informasi dari berbagai sumber di internet, pengelola Be a Martian juga berniat melibatkan para para pengembang peranti lunak independen dengan membuka kesempatan kepada mereka untuk ikut berkreasi. Kabarnya Microsoft menyediakan hadiah bagi para pengembang yang bisa menyediakan perangkat penyedia akses  citra Mars untuk kepentingan online, pengajaran dikelas, serta berbagai misi yang berhubungan dengan Planet Mars.
Anda ingin mencoba menjelajahi planet Mars? Silahkan kunjingi alamat situs http://beamartian.jpl.nasa.gov/ 
  
Sumber: Kedaulatan Rakyat

0 komentar:

Posting Komentar

Toggle