Selasa, 17 Juli 2012

Dasar Pemrograman Android




Membangun Aplikasi Android sangat mudah, default untuk bahasa pemrograman yang digunakan oleh Android adalah java. Tidak semua fitur java yang ada digunakan akan tetapi sebagian dari java yang sering disebut dengan Dalvik Virtual Machine. Beberapa bagian kecil dari framework Android menggunakan bahasa XML untuk scripting-nya.





 a. Activity
Activity merupakan container untuk User Interface (UI).Sebuah Aplikasi Android terbangun dari satu atau beberapa Activity.

b. Intents
Intent merupakan sistem pesan utama yang menjalankan Android. Intent terdiri dari Action yang harus dijalankan (Tampil, Ubah, Dial, dll) dan Data. Intent digunakan untuk memulai aktivitas dan komunikasi antar bagian dari sistem Android.Suatu aplikasi dapat mengirimkan atau menerima intent.
1. Mengirimkan pesan dengan Intent

Ketika suatu aplikasi mengirimkan suatu intent, aplikasi mengirimkan pesan memberitahukan Android untuk menjalankan sesuatu. Misal: memberitahukan Android untuk menjalankan suatu Activity dari aplikasi atau menjalankan aplikasi lain.
2. Mendaftarkan Intent Receiver
Mengirimkan pesan dengan Intentbukan berarti sesuatu selanjutnya akan terjadi secara otomatis. Aplikasi harus mendaftarkan intent receiver yang memperhatikan intent dan memberitahukan Android apa yang harus dilakukan.
Contoh,  jika pengguna menekan lama suatu image di image gallery, maka akan memunculkan context menu yang berkaitan dengan image sharing. Dikarenakan terdapat beberapa receivers yang didaftarkan berkaitan dengan image sharing (email, messaging,Bluetooth, dll) maka context menu dimunculkan untuk memberikan opsi keputusan kepada penguna.

c. Cursorless Controls
Perangkat Android menggunakan jari pengguna sebagai input. Jika pada computer biasa digunakan pointer mouse, kemudian left-click untuk berinteraksi dengan suatu tombol misal, maka pengguna Android dapat menggunakan jarinya langsung ke tombol. Untuk menggantikan right-click, pengguna Android dapat menekankan jarinya agak lama ke layar, kemudian context menu akan muncul.

d. Views dan Widgets
View merupakan elemen dasar UI (User Interface). Sebagai contoh area kotak pada layar yang bertanggung jawab untuk tampilan dan menerimaevent(event handling). Beberapa contoh view antara lain: (1) ContextMenu, (2) Menu, (3) View, (4) SurfaceView.
Widgets adalah elemen UI yang lebih canggih. Merupakan control untuk interaksi antara sistem dengan pengguna. Beberapa contoh Widgets antara lain: (1) Button, (2) CheckBox, (3) DatePicker, (4) DigitalClock, (5) Gallery, (6) FrameLayout, (7) ImageView, (8) RelativeLayout, (9) PopupWindow.

e. Asynchronous Calls
Android memiliki sebuah class yang AsyncTask yang memungkin aplikasi menjalankan beberapa operasi pada waktu yang bersamaan, tanpa harus mengatur bagaimana Thread berjalan secara khusus. AsyncTask memungkin developer untuk membangun model program yang bersih untuk proses-proses asinkron.
Proses asinkron biasa digunakan untuk proses-proses yang membutuhkan waktu lama, misal: Network Communication (Internet), Media Processing, dan berbagai proses lain yang mengharuskan pengguna menunggu. Jika pengguna harus menunggu, maka dapat digunakan proses asinkron untuk menampilkan UI yang memberitahukan pengguna apa yang terjadi.

f. Background Services
Services merupakan aplikasi yang berjalan di belakang dan tidak terlalu penting memiliki UI, sebagai contoh: antivirus. Sebagian besar pemutar music (music player) dari Android Market, berjalan sebagai Background Services, yang mana pengguna dapat mendengarkan musik sembari mengecek e-mail atau melakukan tugas lain yang membutuhkan penggunaan tampilan layar.

0 komentar:

Posting Komentar

Toggle