Selasa, 17 Juli 2012

Fitur Perangkat Lunak Android




Android memiliki banyak fitur perangkat lunak yang dapat digunakan oleh developer dalam mengembangkan aplikasi. Beberapa fitur populer  yang akan dijabarkan disini.


a. Internet
Kemampuan akses internet pada Android memberikan banyak keunggulan.Berbagai
informasi secara real-time dapat diperoleh dengan mudah dengan internet.Contoh, sebagai pengguna, dapat menggunakan internet untuk melihat jadwal pemutaran film bioskop, cuaca suatu area, jadwal penerbangan dan lainnya. Sebagai developer, dapat menggunakan internet untuk akses secara real-time kepada data, update data.

Developer
juga dapat menggunakan internet untuk menyimpan berbagai asset untuk
kemudian digunakan suatu aplikasi, seperti dilakukan Pandora dan YouTube. Dengan internet dapat dibangun model aplikasi yang disebut client-server computing. Contoh lain, aplikasi peta, mengakses data peta dan GPS dari web server.

b. Audio dan Video Support
Sistem operasi Android memungkinkan developer menyertakan audio dan video dalam aplikasi dengan mudah.Berbagai standar format audio dan video didukung.

c. Contact
Android memungkinkan akses ke contacs yang tersimpan dapat Perangkat Android. Developer dapat menggunakan fitur ini untuk menampilkan contacts dalam cara baru yang berbeda. Hal lain yang dapat dilakukan adalah membangun aplikasi yang menggabungkan antara contactsdengan GPS, yang memberikan notifikasi kepada pengguna jika pengguna berada di dekat alamat satu contact yang ada.

d. Security
Android memungkinkan aplikasi untuk melakukan banyak hal.Akan tetapi Android juga menyiapkan mekanisme keamanan berupa permissionberkaitan dengan beberapa tugas.
Contoh: Download image dan menyimpannya di SD Card, maka harus disetujui terlebih dahulu permissionuntuk mengakses SD Card.

e. Google APIs
Sistem operasi Android memungkinkan dengan tidak terbatas membuat panggilan telepon, mengorganisasi contacts atau meng-install aplikasi. Developer dapat mengintegrasikan peta (map) ke dalam suatu aplikasi dengan menggunakan Maps API yang mengandung Map Widgets. Berbagai fitur dapat ditambahkan dengan Maps API, antara lain: (1) Menampilkan suatu lokasi di peta, (2) Mendapatkan panduan navigasi, (3) Komunikasi data antara aplikasi dengan clouds.

0 komentar:

Posting Komentar

Toggle